Berikut Bacaan Sholat Jenazah Muhammadiyah & Cara Melaksanakannya

2095 views

Bacaan sholat jenazah muhammadiyah akan digunakan ketika anda menyolatkan orang yang sudah meninggal. Setiap manusia yang bernyawa kelak akan mati dan kembali untukmenghadap Allah. Didunia ini hidup hanya sementara dan kekal di akhirat kelak. Sholat jenazah wajib dilakukan oleh umat Islam ketika ada suadara atau kerabat yang meninggal dunia.

Hukum untuk menyolatkan jenazah adalah fardhu kiyafah yang berarti wajibuntuk dilakukan oleh umat Islam. Bagi keluarga yang ditinggalkan meninggal dunia maka hendaklah berhenti untukterlalu meratapi kepergian simayit secara berlebihan,karena justru hal tersebut tidaklah baik. Untu kitu cobalah untuk ikut menyolatkan saja.

bacaan sholat jenazah muhammadiyah

Bacaan Sholat Jenazah Perempuan

Sholat jenazah tidaklah sama dengan sholat wajib ataupun sholat sunnah lainnya. Untuk menyolatkan jenazah perempuan maka bacaannya adalah sebagai berikut:

  1. Membaca niat sholat jenazah perempuan yaitu :

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

  • Setelah membaca niat kemudian dilanjutkan dengan takbir pertama dengan membaca Al Fatihah.
  • Kemudian dilanjutkand engan takbir kedua dengan membaca sholawat bacaannya yaitu:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Diteruskan dengan takbir ketiga dengan membaca doa sholat jenazah yaitu:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

“Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa”

  • Selanjutnya takbir keempat dengan membaca doa:

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

Allohumma laa tahrimnaa ajrohaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa

  • Diakhiri dengan mengucap salam.

Bacaan Sholat Jenazah Laki-Laki

Bacaan sholat jenazah muhammadiyah untuk laki-laki sama tidak sama dengan sholat jenazah perempuan.Bacaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Niat sholat jenazah untuk laki-laki yaitu:

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

(Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

  • Dilanjutkan dengan takbir pertama lalu membaca suratul Fatihah
  • Usai membaca Al fatihah lalu takbir kedua dengan melafakan sholawat, bacaannya adalah:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

  • Kemudian takbir ketiga membaca doa sholat jenazah untuk laki-laki yaitu:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar)

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka

  • Selanjutnya takbir keempat bacaan untuk jenazah laki-laki ialah:

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

(Allohumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu)

Artinya: Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

Sholat merupakan amal yang pertama kali akan dihisab ketika hari kiamat kelak adalah amal sholat. Oleh sebab itu,sebagai umat muslim maka segeralah melaksanakan sholat sebelum disholatkan.

Bacaan sholat jenazah muhammadiyah wajib untuk diketahui dan di hafalkan oleh setiap umat muslim. Sebagaimana kita ketahui bahwa ajal seseorang tidak ada yang tahu. Bisa saja hari ini kita sehat wal afiat, namun sebentar malam kita di panggil oleh Allah SWT. Olehnya itu, sebagai umat muslim wajib dong kita ketahui bagaimana cara mensholati jenazah.

Tags: #Shalat Jenazah

Tinggalkan pesan "Berikut Bacaan Sholat Jenazah Muhammadiyah & Cara Melaksanakannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.