Niat Puasa Qadha, Kewajiban Dan Aturan Pelaksanaannya

94 views

Niat puasa Qadha – Puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu rukun Islam. Jika tidak mengerjakannya berarti tidak sempurnalah keislaman orang tersebut. Setiap muslim tentunya berusaha semaksimal mungkin agar dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan sebaik-baiknya, full tanpa ada bolong.

Namun karena satu dan lain hal, terkadang kita tidak bisa melaksanakan puasa. Dan dalam Islam sendiri, hal tersebut tidak di larang. Sepanjang memenuhi unsur syar’i. Seperti orang yang dalam perjalanan (musafir), wanita yang berhalangan atau mereka yang sakit di perkenankan untuk mengqadha puasanya di luar Ramadhan.

Meskipun di dalam hal ini, orang tersebut tidak melaksanakan puasa karena berhalangan tadi. Ia tetap harus menggantinya di lain waktu. Penggantian puasa ini sering di istilahkan / di namakan sebagai puasa Qadha.

niat puasa qadha latin arab terjemahan dan keutamaannya.

 

Kewajiban Puasa Qadha

Hal ini di sebutkan di dalam Al Quran surah Al-Baqarah ayat 184 :

 

أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ وَأَن تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

 

Artinya :

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

 

Dari sini kita bisa melihat kewajiban bagi seorang muslim untuk melaksnakan puasa Qadha tersebut. Bahkan jika kita tidak sanggup untuk berpuasa, maka kita perlu membayar fidyah sebagai ganti puasa.

Bahkan seseorang yang telah meninggal yang memiliki kewajiban untuk puasa Qadha maka pihak walinya (anaknya) yang harus menggantikan puasa tersebut.

 

Niat Puasa Qadha, Arab Latin, Beserta Artinya

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ”

Artinya :

“Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah Ta’ala”

 

Niat ini di lafalkan pada malam hari sebelum tidur atau sehabis melaksanakan shalat Isya. Atau satu hari sebelum melaksanakan puasa qadha.

Adapun pengucapannya bisa di lafalkan di dalam hati, atau di ucapkan dengan mulut.

Itulah niat puasa qadha.

 

Hal ini mengacu pada penjelasan Syaikh Sulaiman Al-Bujairimi, ia mengatakan:

Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,”

(Lihat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, [Darul Fikr, Beirut: 2007 M/1428 H], juz II).

 

Puasa Qadha Bisa Di laksanakan Secara Terpisah

Seperti yang di singgung di atas, bahwa berapa hari puasa yang di tinggalkan maka seperti itu pula puasa yang harus di bayarkan. Misalnya kita ketinggalan puasa 5 hari, maka wajib bagi kita untuk menggantinya 5 hari pula di luar bulan Ramadhan.

Namun yang menjadi pertanyaan bagaimana kalau jumlah hari yang di tinggalkan kita lupa atau kita ragu, ragu akan jumlah sebenarnya.

Ambil jumlah hari maksimal, agar kita tidak kekurangan jumlah puasa yang harus di Qadha tersebut.

Lalu apakah harus di lakukan sekaligus ?

Nab Muhammad saw. bersabda,

“Qadha (puasa) Ramadan itu, jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya terpisah. Dan jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya berurutan. ” (H.R. Daruquthni, dari Ibnu ‘Umar).

Sampai di sini sepertinya sudah jelas bahwa puasa Qadha bisa di lakukan secara terpisah.

Tinggalkan pesan "Niat Puasa Qadha, Kewajiban Dan Aturan Pelaksanaannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.