Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah Beserta Keutamaannya

87 views

Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah – Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang di muliakan oleh Allah SWT. Bulan ini merupakan kesempatan bagi seorang muslim untuk memanen pahala yang banyak. Bulan ini seorang muslim bisa melkasanakan ibadah Haji. Dan bagi yang tidak mampu, bisa memperbanyak amal saleh lainnya seperti sedekah, puasa dan sholat-sholat sunnah.

Salah satu hadits yang menyebutkan keutamaan melaksanakan amal saleh di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hadits riwayat Ibnu ‘Abbas yang ada di dalam Sunan At-Tirmidzi:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر

Artinya,
Rasulullah SAW berkata: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR At-Tirmidzi).

Dari dasar hadits tersebut kebanyakan ulama menyampaikan keutamaan untuk puasa 9 hari di awal bulan dzulhijjah. Yaitu hari ke 1 – hari ke 9.
Dan pada hari ke 9 sembilan sering di sebut sebagai puasa Arafah. Di mana pada hari itu umat muslim dari seluruh dunia sedang malksanakan wukuf di padang Arafah. Dan bagi umat muslim yang tidak melaksananya, di sunnahkan untuk berpuasa pada hari itu.
Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

niat puasa sunnah bulan dzulhijjah

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.
Artinya:
“Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Adapun Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

 

نويت صوم شهر ذى الحجة سنة لله تعالى

Nawaitu shauma syahri dzil hijjati sunnatan lillahi ta’ala
Artinya:
“Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

Itulah salah satu amalan yang bisa di laksanakan di bulan dzulhijjah adalah berpuasa. Puasa di sini bisa di bagi 3 yaitu 1-7 puasa bulan dzulhijjah. Puasa di hari 8, puasa Tarwiyah. Puasa di tanggal 9, puasa Arafah. Demikianlah yang sempat penulis sampaiakan pada kesempatan ini mengenai niat puasa sunnah bulan dzulhijjah.

 

Tags: #Puasa Arafah #Puasa Dzulhijjah #Puasa Sunnah

Tinggalkan pesan "Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah Beserta Keutamaannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.